Indahnya Kemewahan Pesona Masjid Agung Nurul Al-Iklas Di Cilegon

Masjid Agung Nur al-Ikhlas sebenarnya adalah Masjid Agung Cilegon di Provinsi Banten. Masjid ini terletak di sisi jalan. Sultan Ageng Tirtayasa 2 terletak langsung di pusat kota Cilegon. Situs ini terletak di seberang kediaman Walikota Cilegon. Situs masjid ini penuh dengan toko-toko sebagai pusat komersial, yang tanahnya meluas ke Pelabuhan Merak. Pelabuhan ini adalah pintu gerbang utama ke Jawa jika berasal dari laut atau menuju Pulau Sumatra. Kemegahan masjid ini  begitu terlihat dari bentuk kubah modern yang tidak dapat dipisahkan dari bangunan menara dimana terdiri dari empat buah bentuk yang benar-benar unik. Selain itu, bangunan kubah masjid menerima cat hijau seperti Masjid Nabawi. Cirri yang ikonik adalah daya tarik utama Masjid Agung Cilegon.

Masjid Agung Cilegon dibangun di atas tanah 3.600 meter persegi. Menurut berbagai sumber, pembangunan masjid ini menentang era kolonial Belanda. Meskipun sebelumnya tidak besar dan besar seperti sekarang ini. Pada saat itu, bangunan masjid ini memiliki menara, tetapi tidak selama sekarang. Renovasi lebih lanjut dilakukan, sehingga menara tunggal lebih tinggi.

Bangunan Masjid Agung Cilegon dibangun di tiga lantai, terdiri dari area basement (1.175 sq.m.), area lantai kedua (1.372) dan area lantai pertama (1.073 sq.m.). Sebuah bangunan di ruang bawah tanah digunakan sebagai area pendukung untuk wudhu dan kamar mandi yang terletak di lantai ini. Sementara ruang sholat utama ada di lantai dasar. Lantai terakhir adalah lantai pertama, yang digunakan khusus untuk ruang sholat utama bagi wanita atau sebagai pelengkap saat melakukan sholat Jum’at atau sholat Ied, dengan Idul Adha. Jika Anda melihat masjid dari pintu, Anda dapat langsung melihat pintu utama sebagai pintu masuk utama ke masjid.

Sementara itu, untuk memasuki masjid di lantai atas, ada juga tangga yang dibangun di luar masjid. Tangga mengarah ke empat pintu besar yang terhubung langsung ke ruang doa utama. Tetapi area parkir di masjid tidak terlalu besar, sehingga kapasitas mobil sangat terbatas.

Selain itu, pilihan bahan yang digunakan untuk membangun masjid ini juga berkualitas tinggi. Interior dan eksterior masjid didominasi oleh bahan marmer putih, abu-abu dan hitam di dalamnya. Ini akan memberi kesan masjid yang indah dalam bayang-bayang pusat kota yang sangat panas. Bangunan masjid itu juga sengaja dirancang menjadi bangunan yang sangat modern, sesuai dengan kondisi Kota Cilegon sebagai salah satu kota modern.

Bangunan kubah masjid berwarna hijau, yang membuatnya sangat indah. Sekitar 4 menara dengan ketinggian 55 meter juga dibangun. Kubah masjid menerima motif seperti batik. Kesan modern juga bisa dilihat pada detail masjid ini, di menara atau di bangunan berkubah. Kubah yang dibangun di masjid ini juga mirip dengan Kubah Vanilla. Perbedaannya adalah jika kubah vanila dengan kubah tidak mengandung bintik-bintik atau kotak berlian. Kubah masjid adalah alasan di luar. Jika Anda ingin membuat kubah batik, Anda juga bisa membangun kubah beton, dan bagian luarnya dihiasi dengan motif, salah satunya menyukai motif kelelawar. Selain motif batik, banyak yang suka mendekorasi dengan motif kubah kota yang khas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *